Arti Jihad sebenarnya

Bab ketiga, bab yang terakhir, menerangkan tentang upaya merevisi pemahaman. Dalam bab ini kedua penulis menguraikan arti yang benar dari jihad: bahwa ia disyariatkan untuk mencapai tujuan mulia, bukan untuk menumpahkan darah dan membunuh jiwa-jiwa tanpa adanya maslahah. Mereka juga menjelaskan faktor-faktor penghambat jihad yang harus dihindari oleh para pemuda Muslim, agar mereka tidak melakukan sesuatu di luar kemampuan mereka; tidak mewajibkan sesuatu yang tidak diwajibkan oleh Allah. Sekarang, mari kita simak buku tersebut lembaran demi lembaran.

 

Pengantar

Pengantar buku ini membicarakan tentang kejutan besar yang membuat kaget para pengamat dan peneliti gerakan Jamaah Islamiyah, yaitu ketika pada tanggal 5 Juli 1997 muncul keputusan dari para pembesar berpengalaman Jamaah Islamiyah untuk melakukan genjatan senjata dan menghentikan semua aksi militer dan pertumpahan darah. Kesepakatan damai ini tidak lahir dari rasa takut kepada satu pihak atau karena ambisi pihak tertentu.

Buku ini menjelaskan bahwa kesepakatan damai dibuat bukan untuk merendahkan nilai perjuangan agama dan syariat Islam atau menukarnya dengan nilai duniawi yang murahan. Tidak sama sekali terpikirkan. Melainkan karena peperangan sudah tidak lagi berjalan dalam koridor syariat disebabkan kemudharatan yang ditimbulkan. Buku ini juga mengurai kesulitan-kesulitan yang pernah dialami oleh para pembesar Jamaah, mulai dari wacana-wacana yang memojokkan hingga dakwaan yang tak berdasar. Yang paling parah adalah keraguan para pembesar Jamaah yang berada di luar Mesir yang tidak meyakini bahwa kesepakatan damai itu adalah keputusan internal dari kalangan Jamaah Islamiyah. Semua itu diperparah oleh sulitnya komunikasi yang mereka alami, antara penjara dengan dunia di luar penjara. Sulit untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi yang utuh. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s