Apa saja yang boleh kita lakukan terhadap ahli kitab

Sedangkan apa yang boleh kita lakukan terhadap ahli kitab, akan kami sebutkan beberapa contoh, meski kami tidak bermaksud untuk membatasinya hanya pada hal ini saja. Di antaranya:

  1. Jual beli dengan mereka

Dalam shahih Bukhari dan Muslim disebutkan riwayat dari Aisyah Ra bahwa Nabi Saw pernah membeli makanan dari seorang Yahudi dan menggadaikan baju besinya kepada orang Yahudi. Ibnul Qayyim mengatakan: Hadis ini menunjukkan bahwa kita boleh berinteraksi dengan mereka, menggadaikan senjata dan penggadaian seperti yang ada sekarang ini.

  1. Menerima hadiah mereka.

Diriwayatkan dari Qatadah dari Anas bahwa Akidar Daumatil Jandal memberikan hadiah kepada Nabi Saw. Dalam kitab shahih Bukhari, Abu Ahmad mengatakan: raja Ayilah memberi hadiah kepada Nabi Saw beruapa bighal (binatang hasil bibit campuran antara kuda dan keledai) putih.

Diriwayatkan dari Anas bahwa seorang wanita Yahudi datang kepada Nabi Saw dengan membawa daging kambing yang telah diberi racun, Nabi memakan daging tersebut, tidak berselang lama wanita Yahudi itu diserahkan kepada Nabi, salah seorang sahabat bertanya kepada Nabi, “Apakah tidak sebaiknya kita bunuh saja dia?” Nabi menjawab, “Jangan”. Anas berkata: saya selalu melihat hal itu di uvula (bagian langit-langit mulut yang menonjol ke bawah) Rasulullah Saw.

 

Jika menerima hadiah dari mereka boleh, berarti memberi hadiah kepada mereka juga boleh

  1. Sewa menyewa dengan mereka..

Diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa beliau menyewa seorang penunjuk jalan yang mengantarkan Nabi untuk hijrah, awalnya dia seorang musyrik, lalu beriman kepada beliau dan memberikan tunggangannya kepada beliau dan Abu Bakar.

Imam Bukhari juga meriwayatkan dari Aisyah Ra: Rasulullah Saw dan Abu Bakar menyewa seorang laki-laki dari Bani Dalil dan dari Bani Abdi Adi seorang penunjuk jalan yang telah mengucapkan janji di keluarga Al-Ash bin Wail, yang ketika itu masih musyrik, keduanya beriman kepada beliau dan lantas memberikan kendaraannya kepada Nabi dan berjanji akan bertemu dengan beliau di Goa Tsur setelah tiga hari. Tentunya lebih boleh lagi menyewa mereka dalam berbagai urusan dunia lainnya, baik urusan itu penting atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s